Kepribadian Kerja yang Sesuai Membuat Enjoy Dalam Bekerja. Kenali 6 Tipe Job Personality Tersebut.

Menurut John Holland terdapat enam tipe kepribadian kerja dari seorang manusia. Dengan mengetahui tipe kepribadian diri, maka seseorang dapat mencocokkan jenis lingkup pekerjaan yang sesuai dengan minatnya.
Dengan mengetahui tipe-tipe pekerjaan yang akan diraih, maka seorang calon pencari kerja dapat mempersiapkan diri lebih awal. Seperti masuk ke jurusan sekolah yang sesuai, serta melatih keterampilan yang cocok dengan tipe kepribadian diri. Nantinya, akan lebih enjoy ketika memperoleh pekerjaan yang diimpikan.

6 Tipe Kepribadian Kerja

Color Holland Occupational Themes (RIASEC)

1. Tipe Realistis (Realistic/Do’er)

Orang bertipe ini cenderung memilih pekerjaan berkaitan dengan mesin atau peralatan mekanik. Orang dengan tipe seperti ini biasanya bersifat mekanis, realistis, tertata, dan menyukai hal-hal yang praktis.
Contohnya adalah profesi mekanik, petani, arsitek, dan pilot.

2. Tipe Investigatif (Investigative/Thinker)

Orang bertipe investigatif sangat pandai dalam menemukan solusi dari suatu permasalahan. Menyukai aktivitas berfikir, mengorganisir, dan memahami pola. Orang bertipe investigatif cenderung menghindari pekerjaan sebagai pemimpin. Orang bertipe investigatif ini cenderung lebih suka bekerja sendiri.
Contoh tipe investigatif adalah psikolog, ahli matematika, ahli kimia, dan laboran.

3. Tipe Artistik (Artistic/Creator)

Orang dengan kepribadian bertipe artistik suka melakukan aktivitas drama, seni, menulis, dan sastra. Tipe kepribadian kerja artistik cenderung tidak suka dengan aktivitas monoton yang minim variasi.
Contoh profesi yang cocok dengan tipe kerja artistik adalah composer lagu, desainer baju, desainer grafis.

4. Tipe Sosial (Social/Helper)

Orang dengan kepribadian bertipe sosial sangat suka menolong orang lain. Orang ini memiliki jiwa sosial tinggi, sangat senang berinteraksi dengan banyak orang.
Contoh pekerjaan yang cocok bagi orang bertipe sosial adalah konsultan, pekerja sosial, guru, perawat.

5. Tipe Usahawan (Enterprising/Persuader)

Orang dengan tipe Usahawan cenderung suka memimpin orang lain, memberi pengaruh kepada orang lain. Orang bertipe Usahawan cenderung tidak suka dengan pekerjaan yang menuntut ketelitian secara mendalam. Orang dengan job personality Usahawan biasanya tampil energik, berkepribadian ambisius, namun mampu bersosialisasi dengan sangat baik.
Contoh profesi yang cocok bagi tipe Usahawan adalah sales dan marketing.

6. Tipe Konvensional (Conventional/Organizer)

Orang bertipe konvensional sangat menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan angka, arsip dan aktivitas pekerjaan yang teratur.
Contoh pekerjaan yang cocok bagi orang dengan tipe konvensional adalah akuntan, staf keuangan, sekretaris perusahaan.
.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here