Mengenal Posisi Kerja Sales Marketing dan Keuntungannya

Tugas utama SALES adalah menjual. SALES juga berarti orangnya, diartikan sebagai penjual. Sama-sama memiliki arti jualan, namun MARKETING memiliki arti yang lebih luas. SALES merupakan bagian dari MARKETING, karenanya juga disebut sebagai SALES MARKETING.
sales marketing in action
Sales Marketing in Action [etudiant.lefigaro.fr]

Apakah sales dan marketing itu sama?

  • Sebagian besar akan menjawab “sama”. Padahal sebenarnya kedua istilah dalam dunia kerja adalah berbeda. Namun masyarakat umum sering menyalahartikan bahwa sales dan marketing memiliki arti yang sama, yaitu “jualan”.
  • Marketing merupakan salah satu fungsi utama di antara fungsi-fungsi penting lainnya yang ada dalam suatu perusahaan seperti : administrasi, pembukuan, pembelanjaan, produksi dan personalia.
  • Jadi Sales & Marketing Department adalah : “Bagian yang menangani penjualan dan pemasaran dalam suatu perusahaan”.
  • Sebenarnya marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang berkaitan dengan merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen.
  • Sedangkan sales adalah kegiatan yang hanya fokus pada menjual produk, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja.
  • Dari pengertian yang ada, sudah  jelas bahwa proses  marketing lebih panjang dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan proses sales.
  • Kalau ada yang bertanya apa pekerjaan anda sebagai SALES? maka ucapkan dengan lantang bahwa anda adalah “SALES” dan “lanjutkan apa produk atau jasa yang anda jual”.
  • Kalau anda masih malu mengucapkan SALES karena menganggap sales itu konotasinya seperti pedagang asongan dan anda lebih memilih bersembunyi dibalik label MARKETING maka sesungguhnya anda sudah membingungkan calon customer yang mungkin saat itu sedang membutuhkan seorang SALES.
  • Namun entah karena merasa malu mengaku SALES maka orang sales sendiri cenderung menyebut dirinya Marketing (meskipun secara kaidah bahasa Inggris, orang yang melakukan aktivitas marketing adalah marketer). Lantas apa keuntungan bekerja sebagai sales? Cek selanjutnya.

Keuntungan Bekerja Sebagai Sales

1. Melatih berpikir strategis dan pragmatis

Profesi sales merupakan profesi yang akan memacu untuk bisa berpikir strategis sekaligus pragmatis. Kombinasi kemampuan yang mengasah otak kiri dan otak kanan secara berimbang akan menjadikan diri sebagai pribadi yang super kreatif.

2. Mendapatkan banyak training

Berkarir menjadi sales di perusahaan multinasional atau perusahaan lokal yang besar akan memperoleh banyak pelatihan dari perusahaan. Pelatihan ini akan sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan dalam bekerja.

3. Memperluas dan melatih kemampuan networking

Kesempatan membuka jejaring kerja (network) akan dibangun dengan baik ketika berkarir sebagai sales. Ketika berpindah perusahaan, atau menapaki jenjang karir ke posisi yang lebih tinggi, maka networking sangat dibutuhkan untuk menunjang performa kerja.

4. Mengasah kompetensi diri dengan praktek

Sebagai sales akan dituntut untuk senantiasa mengasah kompetensi diri. Seperti kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi, dan keahlian bernegosiasi. Anda akan bertemu dengan beragam orang. Anda berkesempatan belajar dengan cara terbaik: praktek.

5. Terbiasa proaktif dan berstrategi

Berkarier di sales akan membantu Anda membuat perencanaan secara lebih proaktif, dan mengatur strategi yang tepat untuk mencapai tujuan penjualan Anda.

6. Mampu menangani masalah dengan cepat

Sales dituntut untuk menangani problem atau keluhan pelanggan secara langsung. Sehingga akan melatih kepekaan diri, dan selanjutnya bermanfaat dalam berinteraksi di kehidupan sosial.

7. Loncatan menuju disiplin dan sukses

Sukses sales adalah sukses Anda menjadi pribadi yang disipilin. Disiplin dan sukses menjadi dua hal yang tak terpisahkan bagi yang berkarier di dunia sales.

8. Menjadi pribadi matang, supel dan gaul

Kompetensi diri yang senantiasa dilatih akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih matang dan sukses. Bukan hanya di pekerjaan namun juga di dunia sosial. Sudah bukan rahasia bahwa para SALES adalah mereka yang terkenal supel dan mampu bergaul dengan baik.

9. Berpeluang mendapatkan pasangan yang menarik

Sales dikenal memiliki pasangan yang menarik; cantik atau ganteng. Kenapa? Karena mereka jago berbicara dan sudah biasa merayu. Urusan menembak? Sudah biasa dilatih dalam aktivitas closing penjualan.

10. Prospek karir yang cepat dan remunerasi menggiurkan

Prospek karir yang cepat, luas dan remunerasi yang menggiurkan. Kinerja departemen Sales lebih gampang terlihat jika dibandingkan dengan departemen lain. Sehingga menjadi hal yang wajar bila departemen yang lain akan mengakui kesuksesan ini. Karier Anda meningkat lebih cepat dan juga mendapatkan reward yang lebih karena pencapaian sales Anda.

11. Persiapan sebagai entrepreneur

Bila dikemudian hari akan bekerja sebagai entrepreneur, maka berkarier sebagai sales bisa menjadi langkah awal yang tepat. Karena network yang telah dibangun dengan baik akan menjadi satu kunci sukses.

Terdapat setidaknya 5 tugas Sales Marketing yang wajib untuk dilaksanakan secara rutin:

  1. Aktif Mencari Target
  2. Merekap Data Hasil Penjualan
  3. Menjamin Kepuasan Pelanggan
  4. Mencari Mitra Kerja
  5. Menyusun Strategi Lanjutan
Dibandingkan posisi karir lain, pencapaian atau kesuksesan SALES itu sangat mudah terlihat. Sehingga tidak heran, mereka yang berkarir sebagai sales  bisa mendapat kenaikan jabatan lebih cepat bila dibandingkan posisi karir lain.
Dalam marketing, terdapat 4P bahkan ada yang menambahkan sampai 7P, yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), process (proses), people (orang), Physical evidence (bukti fisik).

Apa beda SALES & MARKETING?

  • Sebenarnya yang dimaksud dengan marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Sedangkan sales merupakan kegiatan yang hanya fokus pada menjual produk, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja.
  • Dari pengertian yang ada, sudah  jelas bahwa proses  marketing lebih panjang dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan proses sales. Sedangkan sales hanya menjadi salah satu bagian dari promotion (promosi).
  • Perbedaan selanjutnya dalam strategi marketing, para marketer atau pemasar selalu menjaga brand image product. Sehingga konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk karena sudah mengetahui kualitas produk dan image brand produk tersebut. Sedangkan strategi sales adalah mereka tidak mementingkan untuk menjaga image brand produk, namun yang terpenting mereka menawarkan kepada pasar dengan cara menginformasikan kelebihan produk, agar konsumen tertarik dan membeli produknya. Dan yang lebih menarik lagi adalah salesman tidak perlu terlalu jauh memikirkan apakah konsumen terpuaskan atau tidak, yang terpenting adalah produknya laku terjual dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan terpenuhi.

REALITA SALES & MARKETING DI PERUSAHAAN

  • Meskipun begitu, ada beberapa perusahaan yang menjadikan sales sebagai bagian dari marketing, namun tetap membedakan tugas kerja mereka. Jika marketing fokus pada perencanaan strategi pemasaran produk, maka sales akan mulai bekerja setelah produk sudah siap dipasarkan. Jadi bisa dibilang marketing merupakan tim yang menyusun strategi pemasarannya, sedangkan sales merupakan tim pelaksananya.
  • Perbedaan sales dan marketing lainnya adalah, bahwa hubungan sales dengan customer secara formal memang hanya sampai proses transaksi jual beli, setelah itu sales tidak sepenuhnya bertanggungjawab lagi menjaga hubungan baik dengan customer tsb. Sedangkan hubungan marketing dan konsumen harus tetap terjaga dari mulai sebelum transaksi, sampai setelah transaksi setidaknya sampai masa garansi selesai untuk menjaga loyalitas customer.
  • Meskipun begitu, seorang Sales yang baik dia akan terus memastikan kalau customernya puas khususnya untuk pembelian produk yang memberikan garansi seperti rumah atau mobil, sales harus menjadikan dirinya sebagai konsultan dari customernya jika customernya menghadapi masalah dengan produk yang dibelinya. sales yang baik akan membantu customer mendapatkan bantuan yang dibutuhkannya dan memastikan kalau masalah customernya ditangani dengan baik dan memuaskan.

Apa tugas dari marketing?

Menurut istilah, marketing berarti pemasaran. Jika dijabarkan, marketing adalah kegiatan memasarkan hasil produksi perusahaan melalui berbagai cara, agar produk tersebut dapat dikenal dan diminati oleh masyarakat secara luas. Meningkatkan pelayanan terhadap konsumen merupakan tugas dari marketing.

Apa yang dimaksud dengan sales executive?

Sales Executives adalah pekerjaan yang menjanjikan terutama bagi para eksekutif muda dan pemula yang berbakat dan ingin maju dalam karir pekerjaanya. Mereka merupakan ujung tombak bagi perusahaan untuk mendistribusikan barang dan jasa yang dihasilkan oleh para produsen.

Apa yang dimaksud dengan sales marketing?

Kegiatan penjualan produk ialah tanggung jawab seorang yang berada pada profesi sales marketing di sebuah perusahaan. Hal yang wajib ada bagi seorang sales marketing ialah kemampuan berbahasa santun dan berperilaku sopan. Sebab, mereka yang berinteraksi aktif secara langsung dengan pelanggan.

Untuk menjadi SALES yang sukses jadilah seorang MARKETER.

  • Maksudnya? Seorang sales tugasnya memasarkan produk atau jasa yang sudah ada dan menawarkan langsung kepada target marketnya. Biasanya semua sales tools sudah disiapkan perusahaan dari brosur, demo produk, business card, leaflet, dll. Seorang sales kasarnya tinggal berperang.
  • Namun seorang sales yang handal dia bukan hanya menggunakan tool standar yang disediakan perusahaannya, dia juga harus memiliki data base customer yang up to date, dia juga harus jeli menggunakan info-info yang beredar di internet untuk menjadi bahan referensi atas keunggulan produk atau jasa yang dijualnya.
  • Jauh sebelum produk baru diluncurkan seorang SALES harus sudah sounding pada customernya tujuannya agar sang customer menunda keinginan untuk membeli produk atau jasa yang mirip sampai produk atau jasa perusahaannya masuk ke pasar. Dia memberikan informasi informasi secara online kepada customernya sehingga sang customer sudah punya bayangan kira kira seperti apa produk yang akan diluncurkan tsb.
  • Jadi SALES harus mampu menjadi MARKETER juga kalau ingin sukses berjualan, karena walau secara official tugas marketing  merupakan tugas departemen lain seperti aktifitas promosi dan aktifitas Public Relation,  namun dengan SALES juga ikut berperan aktif dalam bidang marketing maka dapat dipastikan customernya tidak akan lari ke sales lain.

Apa yang dimaksud sales counter?

Suatu perusahaan biasanya memiliki staf yang bertugas menjual produk di konternya, atau biasanya disebut dengan sales counter. Tugas utama yang harus dilakukan adalah memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen, agar konsumen tertarik untuk membeli produk di konternya.

Pekerjaan telemarketing itu seperti apa?

Telemarketing adalah salah satu cara promosi yang masih dianggap efektif selain memasang iklan di media umum. Pengertian telemarketing yaitu memasarkan atau mensosialisasikan produk atau jasa melalui telepon.
Kalau online marketing? Sama seperti telemarketing, tapi media yang digunakan adalah media online.

Apa yang dimaksud dengan marketing executive?

Marketing Executive adalah individu / orang yang bekerja pada bagian marketing/penjualan perusahaan, yang berfungsi untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan / institusi, dengan tanggung jawab utamanya adalah mencapai target penjualan produk / jasa sesuai dengan harapan perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here