Cara Menjawab Wawancara Kerja Dengan Kesan Yang Baik

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang biasa diajukan pewawancara kepada anda saat sesi wawancara kerja. Bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat? dan untuk memberikan kesan yang baik? Simak tips cara menjawab pertanyaan saat interview berikut ini.
sesi wawancara kerja

1. Ceritakan tentang diri anda?

Pertanyaan ini sangat sering ditanyakan oleh pewawancara. Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan menjelaskan mengenai latar belakang pendidikan, pengalaman kerja Anda (apabila ada), cita-cita Anda, dan keahlian yang Anda miliki.

2. Apa kelebihan yang anda miliki?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering muncul  pada saat interview kerja.  Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan menyebutkan keahlian Anda yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Anda bisa menjelaskan kelebihan diri Anda dalam bersikap,  contoh: saya adalah orang yang tidak bisa mengerjakan sesuatu secara setengah-setengah. Saya pasti akan mengerjakannya hingga tuntas dan saya akan melakukan yang terbaik yang saya bisa.

3. Apa kelemahan anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan kata-kata.  Jangan sampai perusahaan menjadi ragu menerima Anda sebagai karyawan mereka. Satu-satunya cara terbaik adalah selain mengungkapnya apa kelemahan Anda, sebutkan juga apa solusi yang telah Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut.  Contoh: saya orang yang kurang percaya diri apabila bicara di depan orang banyak, namun saat ini saya sedang berusaha mengatasi hal tersebut dengan cara lebih banyak bersosialisasi dengan harapan saya menjadi lebih percaya diri saat berhadapan dengan orang lain.

4. Apa alasan perusahaan kami harus mempekerjakan anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini, anda bisa jelaskan sifat dan keahlian anda yang membuat anda special dan membuat perusahaan tidak akan menyesal apabila merekrut anda.  Misalnya: saya adalah tipe orang yang konsisten dan persisten dalam melakukan suatu pekerjaan.

5. Berapa gaji yang anda inginkan?

Pertanyaan ini kerap kali muncul dalam interview kerja. Hindari jawaban yang mengatakan “Saya serahkan kepada managemen perusahaan ini, karena pihak managemen pasti mengetahui lebih baik mengenai kisaran gaji yang pantas untuk posisi tersebut”.
Jawaban semacam itu menunjukkan bahwa anda tidak menghargai kemampuan anda sendiri.  Sebelum mengikuti wawancara, sebaiknya anda mencari tahu kisaran gaji rata-rata untuk posisi tersebut. Anda bisa bertanya pada teman-teman atau bisa juga melalui internet.  Selanjutnya apabila anda mendapat pertanyaan tersebut, setidaknya Anda sudah tahu bagaimana cara menjawabnya atau anda bisa juga menanyakan pewawancara berapa kisaran gaji yang ditawarkan perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here