Ingin Naik Gaji? Jawab Dulu Pertanyaan Berikut

Kenaikan gaji merupakan dambaan dari pegawai perusahaan. Selaku pegawai, tanyakan kepada diri anda sendiri apakah Anda layak naik gaji.
Sementara, perusahaan tidak serta merta menaikkan gaji semua pegawainya. Perusahaan memiliki kriteria yang harus dipenuhi oleh pegawai sebelum dinyatakan layak untuk menerima kenaikan gaji.
minta naik gaji kerja
Ada beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan kepada diri anda sendiri. Apakah anda layak untuk menerima kenaikan gaji dari perusahaan? Berikut ini daftarnya.

1. Apakah Anda Rajin Masuk Kantor?

Kehadiran di kantor menjadi ukuran pertama untuk menentukan apakah Anda layak atau tidak naik gaji. Pada profesi seperti sales lapangan, kehadiran di kantor bukanlah ukuran kriteria yang utama. Namun seringkali jam kedatangan (check clock) di pagi hari dijadikan sebagai penanda bahwa Anda telah melakukan pekerjaan yang ditentukan oleh kantor.

2. Apakah Anda Sering Datang Terlambat?

Keterlambatan hadir merupakan suatu pertanda adanya permasalahan dalam kedisiplinan. Meskipun tidak sepenuhnya benar, anggapan ini seringkali berkaitan dengan kebiasaan pegawai. Bila seorang pegawai hadir tepat waktu maka biasanya pegawai tersebut juga tepat waktu dalam menyelesaikan tugas dari kantor.

3. Apakah Target Kerja Anda Sudah Tercapai?

Bukan sekedar hadir duduk di kantor. Perusahaan bukan membayar Anda untuk cuma duduk-duduk di kantor. Perusahaan memberikan deskripsi kerja yang harus Anda lakukan. Juga, terdapat target-target kerja yang harus  dicapai. Capailah target tersebut dengan kerja bersungguh-sungguh.

4. Apakah Anda Suka Bergosip?

Banyak bergosip memboroskan waktu dan energi. Bukan hanya pada Anda, juga pada teman karyawan yang Anda ajak bergosip. Terlebih Kalau Anda bergosip buruk tentang perusahaan. Bila didengar oleh pimpinan, maka siap-siaplah menerima jawaban: Tidak layak naik gaji.

Kesimpulan

Jika ternyata semua jawaban dari pertanyaan di atas adalah iya. Maka ubahlah sesegera mungkin. Buatlah kebiasaan baru yang positif. Yakni: rajin masuk kantor, datang tepat awal waktu, selesaikan target, dan hindari bergosip.
Bila ternyata banyak jawaban ‘iya’ dari pertanyaan di atas, maka bagaimana memperbaiki reputasi diri yang sudah terlanjur dicap kurang baik? Bisa dicoba dengan cara: Buat komitmen ulang perbaikan diri. Sampaikan ulang komitmen perbaikan diri anda ke bos anda. Bila perlu, konsultasikan ke HRD untuk membuat langkah-langkah perbaikan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here