Tips Menulis Lamaran Kerja Menggunakan Email

Di era internet sekarang ini, banyak perusahaan memilih menggunakan email dalam proses lowongan kerja. Proses penerimaan tenaga kerja menjadi lebih efisien.

Pencari kerja tinggal mengetik surat lamaran kerja. Semua dokumen yang dibutuhkan perusahaan cukup difoto atau discan. Kemudian dikirimkan ke email perusahaan.

KEUNGGULAN MELAMAR KERJA VIA EMAIL

Bandingkan bila menggunakan media kertas cetak. Setelah mengetik surat, seorang pelamar perlu repot-repot ngeprint dan memfotocopy semua dokumen. Lalu ia masukkan ke dalam sebuah amplop ukuran besar, terus dikirim atau diantar ke perusahaan.
Tapi pada artikel ini kita tidak membahas lebih dalam tentang keunggulan atau kelemahan penggunaan email dalam proses melamar kerja. Kita akan membahas tips tentang hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam melamar lowongan kerja via email.

TIPS MENULIS LAMARAN KERJA

1. Perhatikan Judul Email

Pastikan menulis judul atau subjek surat lamaran kerja dengan singkat dan jelas. Beberapa perusahaan bahkan telah menentukan sendiri judul email yang harus diketik oleh pelamar kerja.

2. Nama Alamat Email yang Profesional

Dunia kerja menuntut lebih profesional dan dewasa. Gunakan nama alamat email yang mencantumkan nama anda. Jangan gunakan nama alamat email yang mengesankan anda tidak dewasa.

3. Surat Pengantar Email

Pada bagian badan email, awali dengan salam pembuka, atau “Dengan hormat”. Selanjutnya ketik seperti biasa sebagaimana yang lazim dituliskan pada surat kertas.

4. Tempat Menulis Resume/CV

Letakkan resume/CV pada bagian lampiran (attachment). Jangan menuliskan resume maupun CV pada badan email. Karena selain tidak rapi, juga lehih menyulitkan perusahaan dalam membacanya.

5. Jenis File Lampiran

Umumnya perusahaan meminta dalam bentuk file dokumen word (.doc .docx) atau PDF. Bentuk file gambar hasil scan atau foto diri biasanya dalam file JPG atau PDF.

6. Ukuran (Size) Email

Upayakan ukuran lampiran email tidak lebih dari 1 MB. Jika ada dokumen yang discan, perkecil ukuran file dengan aplikasi program Photo Editor.

7. File Kompresi Zip

File lampiran yang berukuran besar dan berjumlah banyak, seringkali merepotkan perusahaan. Karenanya lazim bila file-file tersebut dikompres menggunakan aplikasi program kompresi file (.zip). Hasilnya berupa satu file zip berukuran lebih kecil dibandingkan jumlah ukuran file-file sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here